Ardizorro Blog | Sekadar sebuah coretan

Okt/09

26

Cara Mudah Amankan Komputer(win) Anda dari Serangan Worm/Virus (part1)

Sering kali kita disusahkan oleh ulah worm/viruz, pelbagai aplikasi antivirus mulai dari buatan Lokal sampai yang “Nomor Wahid” pun dicoba, namun tetap saja terkadang antivirus kalah gesit dengan aplikasi “autorun” yang dimiliki antivirus.

Berikut adalah langka-langkah untuk menon-aktifkan system autorun agar tidak dimanfaatkan worm/virus masuk otomatis dalam komputer(win).

1. Nonaktifkan Autorun Setting pada Seluruh Pembacaan Drive.

  • Buka Group Policy Setting dengan mengetik “gpedit.msc” pada Run Commant lalu klik OK (untuk membuka Run Commant klik tombol Win+R), Run CommandSetelah Tombol OK diklik jendela Group Policy Setting akan muncul Seperti tampak pada Gambar dibawah ini.gpedit
  • Pilih menu Local Computer Policy >Administrative Templates > System. Pilih Turn Off Autoplay pada list opsi sebelah kanan,gpedit1 Double click opsi Turn Off Autoplay, Aktifkan Opsi Enabled dan pilih kolom menu Turn off Autoplay on: “All drives” lalu klik OK. gpedit2
  • Pilih menu User Configuration >Administrative Templates > System. Pilih Turn Off Autoplay pada list opsi sebelah kanan.gpedit3Double click opsi Turn Off Autoplay, Aktifkan Opsi Enabled dan pilih kolom menu Turn off Autoplay on: “All drives” lalu klik OK.

Setelah Autorun Setting pada seluruh pembacaan drive dinonaktifkan maka komputer dinyatakan aman dari serangan worm/virus yang bekerja secara otomatis menginjeksi sistem, Kecuali program worm/virus itu dijalankan sendiri oleh user secara tidak sengaja, misalnya dengan membuka file Office berekstensi *.doc yang telah terinfeksi worm/virus. Dengan kata lain kesalahan terletak pada user (human error). Maka dari itu komputer perlu proteksi lebih lanjut.

Lebih lengkapnya Unduh Artikel.

No tags

No comments yet.

Leave a Reply

<<

Theme Design by devolux.nh2.me